Thursday, September 24, 2009

giant squid tertangkap hidup-hidup

Anda tahu kraken? Makhluk mitologi seperti cumi-cumi yang berukuran sangat besar. Makhluk ini dipercaya hidup di perairan diantara norwegia dan islandia. Ketika pertama kali mendengar makhluk ini dari seorang teman, saya langsung tertarik untuk tahu lebih jauh. Maka saya mencari info tentang makhluk ini di internet, dan bukan hanya mendapat info tentangnya. Saya juga mendapat info tentang "kraken yang lebih masuk akal". Tentang saudara kraken yang keberadaannya bisa dibuktikan. Ya, tentang Giant Squid.

Memang sudah lama berlalu semenjak "perkenalan pertama" saya dengan Giant Squid, tapi sampai sekarang saya masih mengikuti perkembangannya di National Geographic. Dan tadi pagi, saya membaca di National Geographic bahwa untuk pertama kalinya seekor giant squid tertangkap hidup-hidup di Teluk Meksiko. Cumi-cumi muda dengan panjang 6 m dan berat 47 Kg masih hidup ketika terjaring, namun tidak dapat bertahan di perjalanan ke permukaan.

Ini memang bukan untuk pertama kalinya seekor giant squid tertangkap. Tapi inilah pertama kalinya makhluk itu tertangkap hidup-hidup. Giant squid pertama kali tertangkap di perairan jepang pada 2006. Lengkapnya bisa dibaca disini, sedangkan foto-fotonya bisa dilihat disini.

Sangat disayangkan giant squid yang tertangkap di Teluk Meksiko tidak bisa bertahan hidup. Semoga saja yang berikutnya dapat bertahan, agar bisa dipelajari oleh para ilmuwan sehingga banyak misteri tentangnya bisa terpecahkan.

Yang ingin berbagi ilmu, jangan ragu untuk comment ya. mari berbagi!

0 comments: